| ]

Makna gramatikal kata "tekstil" boleh dikatakan telah cukup lama mengalami pergeseran makna menjadi lebih luas, baik dilihat dari sisi pengembangan ilmu dan teknologi maupun aplikasinya di industri. Hal ini tampak dari fakta bahwa gairah penelitian serta perkembangan teknologi dan industri tekstil tidak terbatas hanya pada teknologi serat, benang, dan kain untuk keperluan sandang, melainkan juga pada area pemanfaatan lain seperti industri karpet, sepatu, mebel, tekstil rumah tangga, medis, pertanian, bahkan hingga pada industri manufaktur berat lainnya seperti transportasi, bangunan, dan lain-lain. Perluasan area pemanfaatan tekstil dan produk tekstil ini telah dan semakin dikembangkan secara serius dan diprediksi akan menjadi salah satu fokus cakupan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, playing ball in a new park, adalah salah satu pilihan penting. Perkembangan ini memberikan inspirasi terutama bagi kalangan akademisi, peneliti, mahasiswa dan yang pasti praktisi industri secara langsung. Karena itu pula, pada peluncuran perdana, kami menyajikan tulisan berjudul Revolusi Tekstil sebagai salah satu artikel pilihan yang menarik.

"ThinkTextiles" didesain untuk menjadi salah satu sumber informasi di bidang ilmu dan teknologi tekstil – berbahasa Indonesia – dalam pandangan tradisional maupun terkini, serta akan menghadirkan berbagai tulisan lepas, bebas dan menarik lainnya yang masih berkaitan dengan dunia tekstil seperti kimia, proses, permesinan, manajemen industri, dan lain-lain.

Pada rubrik utama, pembaca dapat mengunjungi berbagai rubrik pilihan yang mencakup tekstil dasar, revolusi tekstil, tekstil teknik, tekstil cerdas, hingga green textile. Informasi terkait seperti pendidikan tekstil, pengertian dan sejarah tekstil dan semacamnya, dapat dijumpai di rubrik suplemen. Pembaca juga bisa mendapatkan bahan-bahan untuk di-download gratis, termasuk artikel-artikel yang pernah dimuat di sini, dari perpustakaan kami. Untuk kemudahan akses bagi pembaca yang ingin mengunjungi situs-situs menarik lainnya di bidang tekstil kami menyediakan tautan di bawah menu pranala tekstil dan yang terkait.

Tampilan disajikan dengan fokus kemudahan akses dan pilihan bagi pembaca, dengan harapan ThinkTextiles dapat menjadi "rumah pintar" tentang tekstil yang bermanfaat dan bersahabat dengan kebutuhan pembaca.

Semoga kehadiran kami dapat memberikan sumbangan yang berarti.

Selamat datang di rumah kami, dan silakan sampaikan masukan dan gagasan untuk keberlangsungan website ini.

Salam,

Editor