| 4 komentar ]

Hardianto, SST.

Wah! Apa ya hubungannya serat Nomex dengan gitar?

Poliamida aromatik (aramids, aromatic polyamides) mulai muncul secara komersial di awal 1960-an dengan diperkenalkannya serat meta-aramid Nomex® (Nomex® adalah merek terdaftar dari DuPont) yang diaplikasikan untuk insulasi panas dan elektrik. Setelah itu dikembangkan pula serat sejenis yang memiliki kekuatan (tenacity) dan modulus yang lebih tinggi dari serat Nomex® dan dikomersialkan juga oleh DuPont dengan nama dagang Kevlar® pada 1971 [1].

Struktur kimia serat Nomex® dan Kevlar® dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 1. Struktur kimia serat Nomex®

Gambar 2. Struktur kimia serat Kevlar®


Serat Nomex® disebut meta-aramid karena struktur cincin aromatiknya mengikat gugus amida pada posisi meta. Ini berbeda dengan Kevlar® yang gugus amidanya terikat dengan posisi para pada cincin aromatiknya.

Serat Nomex® tahan terhadap nyala api (combustion) dan memiliki titik leleh yang tinggi sehingga serat ini sangat cocok digunakan untuk pakaian pemadam kebakaran [2] dan juga untuk pakaian keselamatan pembalap [3].

Lebih menariknya lagi, serat Nomex® ini ternyata tidak hanya dibuat untuk pakaian keselamatan seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam bidang musik. Bila anda seorang gitaris barangkali pernah mendengar istilah double-top guitar terutama pada jenis gitar klasik (classical guitar). Selain istilah double-top, ada juga yang mengatakan sandwich-top atau composite-top.

Gambar 3. Salah satu tahap dalam pembuatan gitar double-top dengan kain Nomex®.

Ini adalah teknik yang relatif baru pada konstruksi soundboard pada gitar. Gitar-gitar yang dibuat oleh luthier (pembuat gitar) Mathias Dammann, Jim Redgate, dan Gernot Wagner menggunakan konstruksi double-top ini. Gitar jenis ini menggunakan kain Nomex® yang dipasang seperti sandwich di antara dua lembar tipis kayu yang biasa dipakai pada gitar pada umumnya seperti jenis Cedar atau Spruce [4]. Kain Nomex® yang dipakai adalah yang mempunyai konstruksi seperti sarang lebah (heksagonal).

Kain Nomex® dengan konstruksi sarang lebah.

Gitar dengan konstruksi sandwich seperti ini mempunyai kualitas suara akustik yang sangat baik [5]. Banyak gitaris klasik kenamaan yang menggunakan gitar seperti ini, namun harganya sangat mahal, puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Hmm…lumayan juga ya!

Daftar Pustaka
  1. J.W.S. Harle (ed), High-Performance Fiber, Woodhead Publishing Ltd., Cambridge, England, 2001.
  2. Horrocks, A.R., dan S.C. Anand, Handbook of Technical Textiles, Woodhead Publishing Ltd. Cambridge, England, 2000.
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Nomex
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/Classical_guitar_making#Double-top.2C_sandwich-top_and_composite-top
  5. http://dunwellguitar.com/DoubleTop/DoubleTop.htm


Hardianto, SST.
Lulusan dari Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung angkatan ’95 jurusan Kimia Tekstil. Sejak tahun 2003 bekerja sebagai dosen dan staf Laboratorium Pencapan dan Penyempurnaan Tekstil di Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung. Mengajar mata kuliah Pencapan (teori dan praktikum) dan Penyempurnaan Tekstil (praktikum). Saat ini sedang menempuh pendidikan Master of Engineering in Textile Chemical Processing di The Maharaja Sayajirao University of Baroda, India. Pernah menjadi pengurus dan mengikuti kursus gitar klasik di UKM Silhouette, STTTekstil Bandung.


Tanya-Jawab & Diskusi

4 komentar

Anonim mengatakan... @ 31/03/10, 11.43

nice article!

mengapa kualitas suara yg dihasilkan gitar ber-nomex lebih baik daripada gitar-gitar 'biasa'? terima kasih, pak.

salam. arief.

Anonim mengatakan... @ 04/04/10, 12.12

Menjawab pertanyaan dari Sdr. Arief. Kayu yang digunakan pada gitar sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Bila gitar menggunakan kayu solid (maksudnya bukan laminasi) maka suara yang dihasilkan akan lebih baik dibanding kayu laminasi atau tripleks. Jenis kayu juga menghasilkan warna suara (timbre) yang berbeda.

Mengenai gitar berkonstruksi sandwich pada bagian top dari gitar yang dikombinasikan dengan kain Nomex, menurut beberapa sumber memang dikatakan bahwa volume suara yang dihasilkan menjadi lebih keras. Ini berkaitan dengan bentuk sarang lebah kain Nomex yang memberikan topangan yang seragam diseluruh area kayu soundboard. Selain itu, dengan konstruksi sandwich ini, kayu menjadi lebih tipis dan kombinasi inilah mungkin yang memberikan suara akustik gitar menjadi lebih baik.

Jadi, pemilihan kain nomex didasarkan pada bentuk sarang lebah serta karakteristiknya yang tahan terhadap zat kimia dan cuaca sehingga umur gitar bisa lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya coba dilihat di website mengenai gitar jenis ini. Dibawah ini saya berikan beberapa website-nya. Mudah-mudahan cukup membantu.

http://www.trentonscott.com/deerheadTop.shtml
http://www.reynoldsguitars.com/dtop.shtml

Salam, Hardianto.

Anonim mengatakan... @ 05/04/10, 17.06

Terima kasih atas penjelasan Pak Hardianto.

"Volume suara yang dihasilkan menjadi lebih keras. Ini berkaitan dengan bentuk sarang lebah kain Nomex yang memberikan topangan yang seragam diseluruh area kayu soundboard."

Terinspirasi dari kalimat di atas, saya menemukan penyebabnya. Thanks! ^_^

Nomex punya shear modulus yg rendah dibandingkan laminasi biasa, sehingga transmission loss (pada frekuensi rendah) juga rendah.

Salam hormat, Arief.

Anonim mengatakan... @ 07/08/15, 14.44

Assmlkm...

Menarik sekali mengenai pembahasan diatas, boleh minta emailnya Pak?

Terima kasih.

Posting Komentar