| 0 komentar ]

Bila komposit tekstil dapat menggantikan peran baja dalam pembuatan beton, atau bila poliester yang dikenal luas sebagai serat hidrofob dapat menyerap cairan, apalagi jika proses pencelupan yang terkenal memerlukan banyak air dapat dikerjakan dengan tanpa menggunakan air, maka satu kata cukup untuk menggambarkannya: revolusioner! Betapa tidak, perkembangan dari hasil-hasil penelitian para ilmuwan di bidang tekstil ini begitu menakjubkan dan boleh dibilang out of the box. Tentu saja, ini hanya sedikit contoh yang menunjukkan begitu dinamisnya perkembangan riset-riset di bidang sains dan teknologi tekstil, terutama di negara-negara maju. Bahkan, disini kita dapat melihat dengan jelas, alangkah kuatnya pertautan antara ilmu dan teknologi tekstil dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Pun, dalam perkembangan teknologi terbaru, nanoteknologi misalnya, yang sedang hangat dan terus menginspirasi lahir dan tumbuhnya ide-ide baru serta memiliki area penerapan yang sangat luas dan cerdas ini, teknologi tekstil turut mewarnainya.

Maka, pengakuan terhadap ungkapan sederhana yang mengatakan bahwa industri tekstil tidak akan pernah redup selama manusia membutuhkan pakaian tidaklah cukup untuk menggambarkan kemapanan dan dinamika tekstil sebagai sebuah disiplin ilmu dan teknologi. Karena faktanya, tekstil ternyata memiliki jangkauan yang jauh lebih luas, lebih dari sekedar pakaian. Meskipun berikutnya, akan muncul pertanyaan menggelitik, terlebih bila kita menilik realita dan karakter industri tekstil Indonesia, yang sebagin besarnya berada pada wilayah konvensional. Pertanyaannya adalah, apakah pertumbuhan gagasan-gagasan menakjubkan dari berbagai hasil penelitian ini dapat berjalan paralel dan seimbang dengan kondisi real di lapangan? Ini tentu tidak mudah dijawab, dan akan menjadi pekerjaan rumah semua pihak yang peduli dan berkepentingan dalam memajukan industri dan pendidikan tekstil di Indonesia.

Tentu bagaikan mimpi di siang bolong bila hari ini, ThinkTextiles yang masih bayi dan dalam fase pertumbuhan dini ini, bercita-cita besar untuk menjembatani ketimpangan perkembangan teknologi dengan penerapannya di industri, khususnya di Indonesia. Namun, ada satu kesadaran bahwa siapapun tak perlu takut bermimpi, apalagi untuk sesuatu yang berarti. Maka pada edisi kedua ini, ThinkTextiles hadir melalui topik-topik menarik yang boleh dibilang cukup revolusioner di bidang tekstil, dengan konsistensi pada semangat awalnya, menjadi kran pembuka arus informasi sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan sains dan teknologi tekstil, terutama di Indonesia.

Terakhir, ada satu catatan yang cukup membahagiakan untuk dibagi dengan pembaca, bahwa dalam waktu kurang dari satu bulan, pengunjung ThinkTextiles sudah melebihi angka 1000. Apresiasi yang tinggi dari para pengunjung web ini melebihi dugaan awal kami dan memberi motivasi lebih untuk tetap hadir di tengah berbagai rintangan, keterbatasan, dan hambatan yang ada.

Tetap maju tekstil Indonesia!

Salam hangat,
Editor

0 komentar

Posting Komentar